Pengumuman
Home » Profil

Profil

BAB I

PROFIL BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KOTA PALANGKA RAYA

 

A. KEORGANISASIAN

    Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya terbentuk pada tahun 2016 berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 11 Tahun 2016. Sebelumnya memiliki nama Dinas Pendapatan Daerah (DISPENDA) Kota Palangka Raya yang terbentuk pada tahun 2011 berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) No. 7 Tahun 2011, yang sebelum pembentukannya fungsi Pengelola Pendapatan Daerah ada di satu bidang pada Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Kota Palangka Raya melalui Peraturan Daerah (Perda) No. 12 Tahun 2017 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pengelola Keuangan dan Aset Daerah.

    Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya secara khusus mempunyai tugas pemungutan sumber-sumber Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah serta Pengelolaan Penerimaan Daerah Lainnya untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Kota Palangka Raya.

 

B. GAMBARAN UMUM

    Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Palangka Raya memiliki total 107 (seratus tujuh) orang pegawai yang terdiri dari : 58 (lima puluh delapan) orang Aparatus Sipil Negara (ASN) dan 49 (empat puluh sembilan) orang Non Aparatur Sipil Negara (Non-ASN). Dengan ruang lingkup kerja 1 (satu) Bidang Sekretariat dan 4 (empat) Bidang meliputi Bidang Perencanaan dan Pengembangan (Bidang I), Bidang Pelayanan (Bidang II), Bidang Penagihan (Bidang III) dan Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Bidang IV) untuk membantu pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.